class=">
Dian SetiyonofGt
Hai, saya Dian Setiyono H
Saya seorang lelaki yang suka membantu untuk mencari teman atau menambah saudara, dan saya ingin belajar tentang seluk beluk dari blog karena saya ingin menggali ilmu lebih banyak lagi dari blog.
Read More »

Selasa, 25 April 2017

Cara Unbrick Zenfone 2 ZE551ML Dan ZE550ML Hardbrick Mati Total

Berawal dari iseng-iseng downgrade Asus Zenfone 2 dari Marshmallow versi terakhir ini ke Lollipop malah menyebabkan hanhphone Asus Ze551ml punya temen saya malah mati total. Dimana Asus Ze551ml terlihat seolah-olah tidak ada tanda-tanda kehidupan sama sekali. Biarpun di colok charger juga tidak ada tanda pengisian baterai. Nah, ketika handphone Asus Ze551ml di hubungkan dengan komputer/laptop, pada "Device Manager" malah muncul driver Other devices "MOOREFIELD" dengan tanda segitiga kuning, yang artinya driver itu belum terinstal.

Dengan alasan saat ini game Point Blank tidak support dengan Asus Zenfone 2 Ze551ml dengan OS Android 6 Marshmallow, makanya saya iseng untuk downgrade ke Lollipop. Karena pada versi Lollipop, game Point Blank bisa berjalan lancar. Namun apa jadinya, baru setengah jalan dalam proses downgrade, handphone malah matot. Apess kan..?
Namun setelah bermeditasi beberapa lama, dan sembari bertanya mbah Google, akhirnya hidup juga Asus Ze551ml yang mati total tadi. Hehe..

Untuk yang mengalami kasus Asus Ze551ml mati total dan tidak ada tanda-tanda kehidupan, jangan bersedih. Karena jika hanya karena berawal dari sofwear yang rusak, handphone Asus kamu masih kemungkinan bisa diperbaiki.

Nah, apabila kamu juga mengalami Asus Zenfone 2 Ze551ml hardbrik/dead boot/mati total setelah downgrade dari MM ke Lollipop, ataupun Asus Ze551ml mati total karena salah flashing firmware atau mati total karena upgrade. Kamu bisa menggunakan tips yang saya pakai juga untuk cara perbaikan unbrik Asus Ze551ml mati total.

Tutorial ini saya dapat dari sumber xda dev yang bisa kamu baca disini.
Adapun metode ini juga untuk memperbaiki handphone Asus Ze551ml ataupun Ze550ml yang mati total tidak bisa masuk ke fasboot mode maupun recovery mode. Cara Unbrick Asus Zenfone 2 Ze551ml Mati Total Melalui Intel SoC xFSTK-Downloader Berikut bahan-bahan dan langkah-langkah perbaikan atau unbrick handphone Asus Ze551ml Ze550ml
1. Langkah pertama. 
2. Lepas sambungan USB handphone Asus dari kamputer/laptop. 
3. Asus USB Driver. Instal di PC/laptop kamu. 
4. Unduh IntelSocUSB driver dan instal di komputer/laptop.Setelah terunduh, lakukan penginstalan dengan "Run as Administrator". 
5. Apabila pada tahap instalasi IntelSocUSB driver ada pesan warning "Windows Security" requires authentication setting, silahkan pilih saja "instal this driver softwear anyway". 
6. Setelah selesai kamu menginstal IntelSocUSB driver, coba hubungkan Asus Ze551ml ke komputer/laptop dengan kabel data. 
7. Ketika sukses instalasi IntelSocUSB driver, pada device manager komputer/laptop akan terlihat driver IntelSocUSB.Namun apabila handphone Asus Ze551ml belum terdeksi atau masih muncul pada Device manager di Other device "MOOREFIELD" dengan tanda seru kuning, kamu bisa lakukan tekan Tombol Power handphone, nantinya agar driver terdeteksi. 
8. Apabila instalasi IntelSocUSB sukses maka tidak ada lagi "MOOREFIELD" driver, dan akan muncul "new devices successful". 

Langkah kedua. 
1. Instal xFSTK-Downloader v1.7 yangbisa kamu dapatkan disini. Dan kamu bisa intal seperti aplikasi biasa. 
2.  Unduh file yang diperlukan sesuai type handphone kamu Ze551ml atau Ze550ml
3. Setelah file diperlukan diatas sudah kamu dapatkan, lakukan ekstrak, maka kamu akan mendapatkan 3 file yaitu dnx_fwr.bin, ifwi.bin dan droidboot_dnx.img.POS_sign.bin. 

Langkah Ketiga. Proses unbrick Asus Zenfone 2 Ze551ml dan Ze550ml melalui xFSTK-Downloader. 1. Buka xFSTK-Downloder. 
2. Pilih atau tab MRD A0/B0 + MOOR A0 + CRC dibagian bawah menu xFSTK. 
3. Kemudian pilih "Option > Modify Settngs", ceklist " Enable GP Flag Override" dan rubah "GP Flag Override Value" menjadi 0x800000807. .



















4. Lanjut pilih "OK". Kemudian masukan 3 file yang diperlukan sudah kamu ekstrak tadi satu persatu, sesuai type handphone kamu. Dan cari atau browse dimana tempat/lokasi hasil ekstrakan kamu tadi berada dan tempatkan sesuai pada filenya seperti ini.

  - FW Dnx isi dengan file : dnx_fwr.bin.
 - IFWI isi dengan file : ifwi.bin.
 - OS DnX : biarkan kosong.
 - OS Image isi dengan file : droidboot_dnx.img.POS_sign.bin.

Lanjut lagi, setelah 3 file tadi sudah selesai kamu isi, silahkan pilih "Begin Download".

Setelah progress 100 % atau proses download completed, maka handphone Asus Zenfone 2 kamu akan restart. Pada tahap ini pada layar handphone tampil warna-warni, namun ada juga yang restart mentok di logo Asus seperti punya saya. Yang penting disini handphone Asus Zenfone 2 yang tadinya mati total bisa hidup kembali/bangkit kembali.

Setelah proses ini kamu sudah bisa lagi masuk ke fastboot mode Asus Zenfone 2. Meski tidak bisa masuk ke menu recovery mode, itu tidak apa, kita lanjut ke cara flashing Asus Zenfone 2 Ze551ml dan Ze550ml dengan menggunakan Asus Flashtool.

Kamu bisa baca disini. • Cara Flashing Asus Zenfone 2 Bootloop stuck di Fastboot mode.

Catatan Dari Tips Cara Mudah Unbrick Asus Zenfone 2 Ze551ml dan Ze550ml
• Apabila kamu gagal dan pada xFSTK-Dowloader tidak sukses, coba gunakan ADB CMD command. Yang belum punya ADB bisa kamu dapatkan disini. Agar handphone kamu lebih cepat terdeteksi di PC/Laptop.
• Apabila kamu tidak bisa masuk ke menu fasboot mode dikarenakan fastboot.img terhapus dari system, kamu harus menginstal fastboot sesuai sesuai type handphone dan versi Firmware yang sebelumnya kamu pergunaka.
• Apabila kamu kesulitan pada tahap instal IntelSocUSB driver dengan dengan Windows 8 ataupun Windows 10, kamu bisa baca dari link sumber diatas.

Jangan segan untuk berkomentar, siapa tahu saya bisa membantu. Semoga tips cara unbrick Asus Zenfone 2 Ze551ml dan Ze550ml mati total dan hanya terdeteksi MOOREFIELD driver ini bisa membantu.

Selamat mencoba. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar